Baju Adat Ambon (Kebaya Dansa deng Baniang)

Baju Adat Ambon (Maluku)

Kebaya Dansa dan Baniang


Kebaya Dansa dan Baniang


Kebaya Dansa

Ini adalah kebaya yang saya pakai sewaktu Wisuda.. kebaya ini namanya kebaya dansa, karena biasanya dipakai untuk menari Tari Lenso.. di sebelah kiri tergantung Lenso (orang Ambon bilang Lenso tapi umumnya dikenal dengan saputangan) yang nantinya ketika menari akan dipakai dan dipegang di tangan.. kebaya ini terdiri dari dua lapisan yang terpisah.. lapisan dalam adalah baju yang terbuat dari kain putih dengan bordiran khusus (orang Ambon bilang mote) di belakang, depan dan ujung lengan.. panjang lengannya cuma seperempat tangan.. kemudian dilapisi oleh lapisan luar yang berwarna transparan agak mengkilat yang disertai dengan bordiran di ujung bawah.. lengannya berbentuk puff dibawah.. kemudian lapisan luar tersebut hanya dikancing dengan 3 buah pin khusus..

kebetulan teman seangkatan ku juga ada yang pakai Baniang (nama pakaian adat khusus untuk lelaki Ambon). Baniang terdiri dari celana bahan hitam, kemeja dalam putih dan semacam jas tanpa kancing.. kemeja putih didalam tersebut haruslah berenda2 di bagian tengahnya (sekitar kancing).. kemudian memakai ban pinggang dengan warna dan motif yang sama.. kebanyakan warna untuk kain kebaya atau baniang itu berwarna merah (kain kebaya ku saja warna merah dengan benang emas) tapi teman ku ini pakai yang warna hitam.. biasanya warna hitam untuk kebaya atau baniang itu dipakai oleh para majelis atau penatua di gereja, selain itu, pada waktu sidi, para remaja yang akan di-sidi juga wajib memakai kebaya dan baniang berwarna hitam, bukan putih seperti di banyak gereja di Jakarta..

karena sama2 memakai baju adat Ambon dan kita berdua juga orang Ambon, jadi kita photo berdua deh.. sebenernya mamanya teman ku itu yang paling ngebet kepengen kita berdua photo.. ternyata hasilnya keren, sumpah gw keliatan bener2 kaya nona Ambon asli di Ambon.. suka banget2 sama photo2 ini..

emang sih gw asli orang Ambon, tapi seumur hidup dateng ke Ambon aja baru satu kali.. syukur deh akhirnya ada kesempatan untuk memperlihatkan identitas gw sebagai orang Ambon.. heheheee..

siapa tau nanti di kemudian hari ada yang berminat pake baju adat Ambon, semoga photo ini bisa memberikan inspirasi.. GBU.. :)







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Baju Adat Ambon (Kebaya Dansa deng Baniang)"

Poskan Komentar